Tips Lengkap Berwisata ke Kepulauan Derawan

Udah pada tau Derawan kan?

Oke kalau masih belum saya jelaskan sedikit tentang Derawan, biasanya yang suka jalan-jalan apalagi yang suka pantai dan laut pasti suka di ajak “Yuk ke Pulau Derawan”. Tapi di sini saya lebih suka menyebutnya dengan Kepulauan Derawan.

Yup, pesona keindahan lautnya bukan cuma dimiliki oleh Pulau Derawan, tapi juga pulau-pulau di sekitarnya, wisatawan yang ke sini pasti juga mengunjungi pulau tetangganya seperti Pulau Kakaban, Sangalaki dan Maratua.

Keindahan pantai dan bawah lautnya sulit deh diungkapkan dengan kata-kata, datang saja ke sini untuk mengetahuinya. Oh ya Kepulauan Derawan berada di Provinsi Kalimantan Timur, Kabupaten Berau.

Bagaimana menuju Kepulauan Derawan?

Ada banyak cara untu menuju kepulauan Derawan. Semua akan kita bahas dari cara yang paling murah, yaitu:

Via Darat:

Bagi yang sudah berada di Kalimantan bisa dengan jalan darat yang sudah tersambung walaupun di beberapa tempat jalannya masih rusak.

Rutenya: Palangkaraya –> Banjarmasin -> Balikpapan -> Samarinda -> Tanjung Redeb -> Tanjung Batu -> Pulau Derawan.

 

Via Udara:

Untuk via udara dari kota asal ada banyak penerbangan menuju Balikpapan, kemudian dari Balikpapan bisa melalui dua cara, yaitu lewat Berau atau lewat Tarakan. Kedua cara ini mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing masing. Yang lewat Tarakan kelebihannya adalah lebih murah dan lebih banyak pilihan penerbangannya dari pada melalui Berau.

Namun yang dari tarakan lebih jauh jalur lautnya untuk menuju Pulau Derawan dan tidak ada speedboat reguler atau untuk umum, sehingga harus menyewa sendiri. Lewat Tarakan lebih mudah bagi yang berangkat secara rombongan.

Sedangkan dari Berau lebih mudah bagi yang sendiri karena ada banyak mobil travel umum menuju Tanjung Batu dan Speedboat umum menuju Pulau Derawan.

Maskapai yang melayani penerbangan Balikpapan ke Berau dan Balikpapan: Sriwijya Air, Wings Air, Kalstar, Garuda Indonesia. Untuk harga bervariasi tergantung musim dan maskapai, silahkan cek di masing-masing web untuk membandingkan harga.

Tinggal dimana disana?

Ada banyak tempat pilihan untuk menginap di Kepulauan Derawan, dari tingkat penginapan, homestay sampai Resort semua tersedia, tegantung budget anda yang tersedia.

Tempat yang paling lengkap ada di Pulau Derawan, yang paling murah adalah Penginapan Ilham (Rp. 100.000), untuk Homestay di Rumah penduduk sekitar Rp. 250.000. Di atas itu ada cottage yang di bangun di atas laut (Sekitar Rp. 350.000) serta Resort dengan harga di atas lima Ratus Ribu Rupiah hingga jutaan.

Alternatif lain untuk tinggal adalah di Pulau Maratua, di sini juga bisa menginap di homestay penduduk, tapi tarifnya lebih mahal sedikit daripada di Pulau Derawan. Yang punya uang lebih juga bisa mencoba menginap di Maratua Paradise Resort yang terkenal.

Dua pulau lain yaitu Pulau Nabucco dan Sangalaki cuma ada satu buah resort yang bayarnya pakai dolar.

Di Kepulauan Derawan ngapain aja?

Atraksi utama di Kepulaun Derawan tentu saja yang berkaitan dengan wisata air dan bawah laut. Ada beberapa pulau yang bisa di kunjungi di Kepulaun Derawan, yaitu Pulau Maratua, Kakaban, Sangalaki, Nabucco, Bakungan dan Pulau Derawan itu sendiri.

Aktifitas yang biasa dilakukan adalah berjemur di pantai, berenang, snorkeling, diving, serta melihat penyu.

Ada banyak tempat penyewaan alat snorkeling di Pulau Derawan dengan tarif sekitar dan Rp. 50.000 per hari. Sedangkan bagi para diver juga tersedia beberapa Dive Centre dengan alatnya yang lengkap.

Untuk berkeliling di Pulau Derawan bisa bejalan kaki karena pulaunya yang tidak terlalu besar. Sedangkan untuk ke pulau-pulau lainnya karena tidak ada kapal regular jadi harus menyewa sendiri.

Gak mau Repot?

Udah ikut paket tour aja, bagi yang datang cuma sendiri atau berdua memang gabung dengan orang lain akan lebih menghemat di biaya sewa mobil dan speedboat yang harganya lumayan mahal. Kebetulan kita juga ada open trip buat ke Kepulauan Derawan, yang mau gabung silahkan klik di sini (Link)

 

Mudah–mudahan sedikit penjabaran di atas bisa membatu teman–teman yang ingin berwisata ke Kepulauan Derawan. Selamat Berlibur dan tetap jaga kelestarian alam serta terumbu karang…. jangan di pegang atau di injak yaaaa…

Happy Responsible Travel!

Comments

Leave a Reply