Berada di antara Sungai Katingan dan Sungai Sebangau, Taman Nasional Sebangau merupakan salah satu hutan rawa gambut yang masih tersisa di Kalimantan. Hutan ini memiliki luas sekitar 568,700 hektar ini dan menjadi rumah bagi lebih dari 6000 orangutan. Dengan jumlah tersebut membuat tempat ini dianggap sebagai salah satu populasi orangutan terbesar di dunia liar.

Bersama dengan Taman Nasional Tanjung Puting, Taman Nasional Sebangauadalah representasi sempurna darihutan tropis murni di Kalimantan Tengah.Taman Nasional Sebangau dijaga melalui pelestarian tanpa henti dankearifanlokal kuno suku Dayak.

Taman Nasional Sebangau memiliki kekayaan keanekaragaman hayati. Hutan ini juga dikenal dengan ekosistem khusus air hitam. Ekosistem ini merupakan ekosistem yang berasal dari bahan-bahan organik membusuk di rawa gambut yang akhirnya mengakibatkan air menghitam dan berbagai organism unik hidup mendiaminya.

Selain menjadi rumah bagi orangutan, Taman Nasional Sebangau juga menjadi habitat untuk 25 jenis mamalia, 116 jenis burung borneo, 36 jenis ikan, serta sekitar 166 jenis flora.

Beberapa fauna penghuni Taman Nasional Sebangau antara lain: orangutan (Pongopygmaeus), beruk (Macacanemestrina), kelasi (Presbytis rubicunda), bekantan (Nasalislarvatus), beruang madu (Helarctos malayanus), kucing hutan (Felis bangalensis), bajing (Exilisciurus axilis), enggang gunung (A. undulatus), enggang gading (Buceros vigil), enggangbadak (Buceros rhinoceros), bangau rawa (Ciconiastormi), pecukular (Anhinga melanogaster), cangak merah (Ardea purpurea), cangak laut (Ardea sumatrana), Elang Hitam (Ictinaetusmalayensis), lele (Clarias sp.), papuyu (Anabas testudineus), kakapar (Belontia hesselti), dan sambaling (Betta sp.).

Sementara flora yang dapat Anda jumpai ada di taman ini antara lain: jelutung (Dyera lowii), belangeran (Shoreabelangeran), pulai (Alstonia angustifolia), pohon ulin, anggrek hitam dan anggrek tanduk rusa.

Pastinya jangan lupa membawa kamera dan teropong. Ada banyak satwa liar lainnya termasuk di sepanjang perjalanan yang menanti bidikan lensa Anda. Beberapa binatang yang mudah ditemui di beberapa lokasi sepanjang sungai adalah bekantan, elang bondol, dan monyet ekor panjang.

Meeting Point:

Bandara atau Hotel Kota Palangkaraya

Include

  • Penjemputan di Bandara/Hotel
  • Mobil dan Driver
  • Boat
  • Guide
  • Makan
  • Tiket masuk

Exclude

  • Tiket Menuju Palangkaraya
  • Pengeluaran Pribadi
  • Tips guide dan driver
  • Tour di luar program
1

Taman Nasional Sebangau

  • Kami akan menjemput anda di hotel atau bandara Palangkaraya untuk langsung menuju Pelabuhan, selesai registrasi di Kantor Balai Taman Nasional Sebangau kita langsung melanjutkan perjalanan dengan menggunakan speedboat atau kelotok untuk menuju Camp Sungai Koran.
  • Perjalanan semalam 30-45 menit menuju Camp Sungai Koran kita akan melewati populasi pohon Rasau yang seperti labirin, terkadang kita harus merunduk ketika melewati terowongan Rasau. Bagi yang tidak terbiasa akan kesulitan menemukan jalan pulang karena semua tampak sama.
  • Setelah tiba di Camp Sungai Koran kita akan meletakkan barang-barang dan bersiap untuk memulai trekking. Lima menit menggunakan boat menuju starting point untuk trekking dilanjutkan trekking di hutan Gambut selama 2-3 jam, tergantung kecepatan.
  • Kita akan menjelajahi hutan gambut dengan lapisan nya yang lembut, seratus meter pertama adalah jalur berair dan berlumpur sehingga disarankan untuk memakai sepatu yang kuat. Selama perjalanan kita bisa melihat berbagai macam flora seperti kantong semar, berbagai macam pepohonan dan jamur. Kalau kita beruntung kita bisa bertemu dengan Orangutan atau Owa-owa. Namun tidak ada garansi bisa bertemu dengan binatang yang disebutkan diatas karena semua adalah binatang liar.
  • Kembali ke Camp Sei Koran untuk makan siang, kita akan menikmati makan siang di tempat terbuka dengan pemandagna pepohohan dan sungai berair hitam yang mengalir pelan. Setelah makan siang kita kembali menaiki boat untuk menyusuri sungai kecil atau sungai ke bagian hulu camp untuk memcoba menemukan hewan liar.
  • Kembali ke ke Pelabuhan Kereng Bangkirai dan transfer kembali ke Hotel di Palangkaraya. Sampai jumpa di trip yang lainnya.

Cara Booking:

  1. Email ke info@beborneotour.com atau pin BBM 7DF799A9 atau WA 085651202195.
  2. Konfirmasi tangal keikutsertaan.
  3. Kirim Nama dan no hp
  4. Bayar DP 50%
  5. Deal dan masuk list peserta

Ketentuan Trip:

  1. Pelunasan pas dijemput sebelum berangkat.
  2. Konfirmasi pembayaran transfer dengan meyertakan foto bukti pembayaran melalui BBM atau WA atau email.
  3. DP dianggap hangus jika peserta membatalkan keikutsertaannya, kecuali menemukan pengganti.
  4. Jika terjadi pembatalan oleh panitia karena sebab yang tidak dapat di tanggulangi, maka DP yang sudah di bayarkan akan dikembalikan.

Hubungi kami untuk harga terbaik